Pengalaman Daftar Adsense, Ditolak Beberapa Kali Sampai Akhirnya Diterima - Bagian Ke-1

Daftar Adsense ditolak beberapa kali - Adsense merupakan sebuah program periklanan yang dimiliki oleh Google.com

Diterima oleh Adsense dan bisa menayangkan iklan adsense dalam blog merupakan hal yang diimpikan oleh setiap blogger.


Dalam prosesnya memang daftar menjadi publisher Google Adsense ini tidaklah mudah, banyak penolakan - penolakan dengan alasan yang kadang sama tapi kadang  juga berbeda.

Dalam artkel ini saya akan ceritakan seluruh perjalanan panjang saya dari mulai ditolak adsense sampai akhirnya diterima.

Penting untuk disampaikan bahwa saya bukan master adsense jadi apa yang saya sampaikan hanyalah pengalaman pribadi yang tentu saja dialami oleh saya sendiri.

Jika ingin mendapatkan pencerahan dari master adsense artikel ini bukanlah tempat yang tepat tetapi jika ingin bersama - sama belajar tentang cara diterima adsense maka artikel ini akan menjadi panduan yang lebih nyata karena berdasarkan pengalaman saya sendiri.

Pengalaman Diterima Adsense Setelah Ditolak Berkali - Kali


Jika kita membutuhkan informasi seputar daftar adsense atau cara supaya diterima oleh adsense pasti akan seraching melalui Google.

Sayapun melakukannya bahkan sudah mengikuti hampir seluruh tips dan trik yang dijelaskan dalam artikel yang saya baca tersebut.

Tapi dengan berat hati saya sampaikan bahwa kadang - kadang apa yang blog atau web tersebut jelaskan sebenarnya tidak dialami oleh mereka.

Dengan kata lain merekapun hanya menulis ulang atau rewrite artikel orang lain yang itupun belum tentu mereka mengalaminya.

Jadi, rasanya kita butuh banyak referensi untuk lebih mengetahui tentang cara diterima adsense.

Kecuali informasi yang kita dapatkan memang berasal dari sumber yang kredibel dan sudah berpengalaman, ini tentu saja kondisi yang sangat berbeda.

Sebelum saya ceritakan pengalaman daftar adsense untuk pertama kalinya saya akan sebutkan terlebih dahulu jenis blog serta nama dari blog tersebut.

Jenis dan Niche Blog Untuk Daftar Adsense Yang Pertama


Sebelum saya membuat blog tentu saja saya mencari referensi tentang blog apa saja yang bisa diterima oleh Adsense.

Saya sangat tertarik dengan blog dengan niche download game android meskipun banyak blog yang menyebutkan bahwa niche tersebut tidak akan pernah diterima oleh Google Adsense.

Ada dua point kenapa saya ngotot ingin membuat niche jenis ini yaitu yang pertama saya cukup hafal dengan perkembangan game android.

Alasan yang kedua sepertinya saya akan mudah mengembangkan blog karena sudah ada blog lain yang saya jadikan contoh serta alasan pertama yang sudah saya sebutkan diatas.

Selain kedua alasan tersebut saya juga melihat sendiri bahwa ada banyak blog dengan niche sama seperti itu tetapi bisa menayangkan iklan adsese.

Jadi, detail blog yang saya buat waktu itu adalah sebagai berikut :

Niche : download game android
Tanggal pembuatan : ??? ( maaf saya sudah lupa )
Jumlah pengunjung : 2.000 per hari versi blogspot stats
Jumlah Artikel : 200-an lebih
Update : perhari minimal 5 artikel
Nama blog :.... ( sudah dihapus google )

Dengan statistik tersebut diatas saya memberanikan diri untuk mendaftar google adsense meskipun memang ragu juga.

Waktu itu saya pikir misalnyapun ditolak saya akan mengetahui kenapa alasan penolakn tersebut dan dengan segera akan saya perbaiki.

Mendaftar Google Adsense Pertama Kali


Setelah cukup percaya diri akhirnya pada tanggal 14 Desember 2017 saya mengajukan pendaftaran melalui menu penghasilan yang terdapat dalam blog.

Ada yang cukup mengejutkan sebenarnya karena dalam waktu yang sangat singkat ( hanya hitungan jam ) saya sudah mendapatkan approval pertama dan memasang widget Adsense melalui menu penghasilan tadi.

Ciri - ciri sudah diapproval yang pertama ( ini menurut pendapat saya ya ) adalah hilagnya tulisan "blog anda sedang ditinjau" dalam halaman penghasilan blog.

Selanjutnya saya pasang widget adsense yang letaknya hanya satu yaitu disidebar paling atas pada widget blog.

Tidak membutuhkan waktu yang lama atau tepatnya hanya satu hari email dari google adsense telah muncul dalam Inbox dan isinya kurang lebih sebagai berikut :


Dari gambar diatas sudah jelas hasilnya yaitu ditolak dan ada dua point penting yang disebutkan dalam penolakan tersebut yaitu :

- Situs tidak sesuai dengan kebijakan Google
- Konten tidak memadai

Sebenarnya untuk jenis penolakan adsense seperti diatas saya tidak terlalu laget karena memang pengajuan adsese yang pertama ini merupakan percobaan dari blogs yang saya sendiri belum yakin akan diterima.


Memperbaiki Artikel Atas Penolakan Google Adsense



Langkah selanjutnya saya memperbaiki kesluruhan isi artikel berdasarkan uraian penolakan yang saya sebutkan diatas.

Adapun perbaikan - perbaikan yang saya lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Menambah isi artikel minimal 400 kata
  2. Menambahkan waterwark kedalam gambar yang dipasang
  3. Mengganti tombol download dengan tulisan saja
  4. Memperbaiki widget menu utama
  5. Menghilangkan widget yang tidak digunakan termasuk Fans Page Facebook

Untuk memperbaiki artikel seperti yang disebutkan diatas memang cukup merepotkan karena jumlah artikel lebih dari 200.

Coba bayangkan artikel 200 tersebut saya buka satu - satu dan update sesuai dengan kekurangannya versi saya.

Setelah saya merasa cukup melakukan perbaikan dalam blog akhirnya saya memutuskan untuk kembali mengajukan google Adsense.


Mendaftar Google Adsense Yang Kedua



Tanggal 5 Januari 2018 akhirnya saya kembali login ke akun Google Adsense dan mengajukan kembali blog saya untuk direview.

Untuk kondisi blog masih sama seperti yang pertama hanya saja jumlah pengunjung sudah ada kenaikan tapi persisnya saya sudah lupa.

Hampir sama dengan pendaftaran pertama saya menerima kembali email dari Google Adsense hanya satu hari setelah pendaftaran atau tepatnya tanggal 6 Januari 2018.

Bagaimana hasilnya ?

Apakah diterima oleh Adsense ?

Email balasan dari Google Adsense tetap sama yaitu ditolak dan alasannya sama persis dengan yang pertama bahkan point - pointnyapun sama persis.

Apakah saya menyerah ?

Tidak,,, saya lanjutkan untuk update artikel serta memberikan beberapa perubahan pada artikel.

Oh iya saya belum sampaiakn bahwa dalam artikel blog saya sertakan link ke Google Playstore serta alternatif ke tempat penyimpanan file online lainnya.

Perubahan selanjutnya yang saya lakukan sebenarnya tidak banyak, hanya mengubah ukuran tulisan link download menjadi jauh lebih kecil dari sebelumnya.

Karena tidak sabar dan sudah mulai bingung akhirnya pada tanggal 17 Januari 2019 saya kembali mengajukan pendaftaran ke Google Adsense.

Hasilnya ?

Tetap sama yaitu ditolak dan uraian penolakanpun sama persis dengan penolakan pertama dan kedua tidak ada perubahan sedikitpun.

Saya mulai memikirkan bahwa ini sepertinya memang tidak bisa dilanjutkan karena penolakan dari adsense sama sekali tidak berubah sedikitpun.

Mungkin benar yang saya baca dibeberapa artikel orang lain bahwa niche dengan jenis ini tidak akan mungkin bisa diterima oleh Google Adsense.

Tapi ya itu masalahnya kenapa orang lain ada yang memasang Iklan Adsense dalam blog mereka yang nichenya sama seperti ini.

Asumsi saya ada 2 yaitu pertama blog yang didaftarkan bukan berasal dari Indonesia dan asumsi yang kedua mungkin blog tersebut bukan yang diajukan untuk mmebuat akun Google Adsense.

Apakah sampai dengan posisi ini saya menyerah ?

TIdak,, dan saya lanjutkan untuk tetap mengejar Approval Google Adsense hanya saja saya sempat tidak update blog karena cukup malas efek dari ditolaknya google Adsense tersebut.

Cerita selanjutnya akan saya bahas dalam uraian Google Adsense bagian ke-2 dan silahkan untuk dibaca juga.
OldestNewer

Post a Comment